International Mission Church
July 14, 2020

Melawan Ketersinggungan Dan Merubah Cara Pandang

Spread the love

Oleh : Pdt. Dr. Johan Kusmanto

Untuk konsultasi langsung silahkan hubungi: Telp. 28026817 atau email: sekretariat@imchk.org

Shalom nama saya Lidya. Saya mau bertanya mengenai ketersinggungan. Saya selalu merasa tersinggung dan terlalu berfikiran negativ terhadapan orang lain. Bahkan ketika saya melihat seseorang yang menatap saya saja, saya merasa bahwa dia sedang memperhatikan kekurangan diri saya. Padahal belum tentu seperti itu. Bahkan ketika bercandapun saya selalu merasa tersinggung dan marah.
Kira-kira apa yang harus saya lakukan untuk mengghilangkan rasa ketersinggungan saya terhadapan orang- orang disekitar saya?

Sdri. Lidya yang dikasihi Tuhan Yesus,

Biasanya ada dua kemungkinan yang membuat orang cepat tersinggung:
Pertama, pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan (misalnya di bully) dan sulit dilupakan sehingga itu membekas dan mempengaruhi jati diri seseorang.
Kedua, kurang bisa menerima keadaan diri atas kekurangan-kekurangan yang dimiliki.

Anda adalah ciptaan yang unik, sebagaimana orang lain juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika kita memiliki memiliki kekurangan, hal ini adalah wajar karena tidak ada seorangpun dilahirkan sempurna. Kecenderungan berpikir negatif atas kekurangan dan pengalaman pahit membuat seseorang bisa saja mudah tersinggung. Cobalah mulai berpikir positif dan menggali serta mengembangkan kelebihan yang anda miliki. Mungkin anda belum melihatnya sekarang, tapi sebenarnya setiap orang memiliki kelebihan. Anda bisa minta tolong kepada seorang pembimbing atau hamba Tuhan untuk melihat keberadaan diri anda sebagaimana Allah menghargai anda. Nilai hidup dan harga diri anda bukan tergantung apa kata orang lain, tetapi justru tergantung kepada apa yang anda lakukan saat ini. Kalau anda mulai melihat dan mengembangkan hal yang positif, maka orang mulai melihat dan menghargai hidup anda. Mintalah pada Tuhan untuk memberikan hati yang bisa menerima diri dan bersyukur untuk keberadaan anda saat ini. Niscaya anda tidak mudah tersinggung atas pandangan atau perkataan orang lain.


Spread the love