International Mission Church
September 24, 2020

Perubahan Karakter Dan Pertumbuhan Rohani

Spread the love

Oleh : Pdt. Dr. Johan Kusmanto

Untuk konsultasi langsung silahkan hubungi: Telp. 28026817 atau email: sekretariat@imchk.org

Shalom pak
Saya bingung dengan perbedaan antara pertumbuhan rohani dan perubahan karakter. Saya mau bertanya apakah perubahan karakter bisa dikatakan sebagai bagian dari pertumbuhan rohani? Karena banyak orang diluar sana yang mempunyai karakter baik tapi jauh dari kesan rohani.
Terimah kasih. By. AD

Shalom AD,
Sebenarnya perubahan karakter seseorang sangat berkaitan dengan pertumbuhan rohaninya. Sebelum kita percaya kepada Tuhan Yesus, banyak karakter hidup kita cenderung berdosa karena memang kita dikuasai dosa. Namun sejak kita percaya kepada Tuhan Yesus, itulah titik awal sebuah perubahan karakter. Makin bertumbuh kerohanian seseorang, maka makin banyak juga perubahan karakternya yang mengarah kepada karakter Kristus. Yohanes 15 mengajarkan kepada kita tentang ranting yang berbuah, yang tidak lepas dari pokok anggurnya. Dari sanalah ranting mendapatkan makanan sehingga menghasilkan buah. Itulah gambaran tentang Firman Tuhan dan hidup kita. Ada dua penyebab mengapa karakter seorang Kristen tidak berubah Pertama, karena dia hanya beragama Kristen tapi belum pernah mengenal Tuhan Yesus secara pribadi (belum lahir baru). Kedua, karena dia tidak memberi tempat kepada Allah dan Firman-Nya untuk memproses hidupnya. Kepahitan, dendam, kemarahan dan berbagai masalah lebih banyak diberi tempat. Ego atau ke Aku an lebih berkuasa daripada memberi tempat bagi Kristus berkuasa dalam hidupnya.
Kiranya ini memberikan gambaran makin jelas mengapa banyak orang beragama Kristen pun masih memiliki karakter yang tidak lebih baik dari orang dunia. Tuhan Yesus memberkati.


Spread the love